Menggapai Ampunan-Nya dengan Menjaga Keharmonisan Sesama Muslim

 
Dalam Al Qur'an Allah SWT berfirman:
Hai orang2 yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati? Tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang (QS AL HUJURAAT :12).


Dalam hadist riwayat Muslim Rasulullah SAW pernah bersabda:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bertanya: "Tahukah kamu, apakah ghibah itu?" Para sahabat menjawab; 'Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.' Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai.' Seseorang bertanya; 'Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan? ' Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: 'Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya.' (MUSLIM - 4690)

Ya Allah, sirnakan keraguan terhadap fajar yang pasti datang dan memancar terang, dan hancurkan perasaan yang jahat dengan secercah sinar kebenaran. Hempaskan semua tipu daya setan dengan bantuan hidayah-Mu...

Ya Allah, sirnahkan dari kami rasa sedih dan duka, dan usirlah kegundahan dan prasangka buruk kepada-Mu serta makhluk-makhluk-Mu dari hati kami semua...
5 Syarat dlm mewujudkan kerukunan : 
1. Sopan Santun 
2. Sabar, berebut ngalah, mengalah bukan untuk kalah. 
3. Bisa Amanah 
4. Tidak Merusak nama baik, kehormatan dan merusak harta benda. 
5. Saling memperhatikan dan menjaga perasaan.
mudah2an kalau ini dilaksanakan oleh satu2nya umat manusia tanpa membeda-bedakan suku, agama ras dan adat istiadat. Insya Allah semuanya menjadi rukun. 
BHINNEKA TUNGGAL IKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar