Cara Diet Sehat Dan Mudah

Bagi yang merasa tubuhnya agak sedikit menonjol diantara yang lainnya, dan bagi anda yang merasa malas berolahraga ataupun diet ketat. Disini saya akan memberikan tips sehat untuk anda yang ingin mengurangi asupan lemak atau karbohidrat pada makanan siap saji yang selalu anda makan setipa hari. Tidak harus menghilangkan kebiasaan menyantap makanan favorit anda tetapi dengan sedikit perubahan jadwal serta asupan yang masuk, anda dapat mendapatkan tubuh yang ringan dari yang biasanya.

PAGI HARI JAM 07.00
Minumlah segelas teh hangat atau teh panas yang manis. Jangan menggunakan gula diet kecuali anda penderita penyakit tertentu yang mengharuskan anda mekonsumsinya. Minumlah selagi hangat, dan jangan biarkan teh yang anda minum dalam keadaan dingin.
Manfaat : Teh manis hangat memberikan anda tenaga lebih dibandingkan dengan makan seporsi nasi dan Teh juga mengandung rendah lemak dan karbohidrat dibanding dengan seporsi roti bakar atau telur goreng.

JAM 09.00-10.00
Jika anda terbiasa makan seporsi nasi atau roti, jam-jam ini anda akan merasakan rasa lapar karena pola makan anda yang terbiasa mengunyah daripada minum segelas cairan. JANGAN DIPAKSAKAN!!. Makanlah makanan yang menjadi favorit anda, tetapi ingatlah jadikan label kalori sebagai panduan untuk memilah makanan selingan yang tepat. Pilihlah kalori yang paling rendah diantara sederet makanan yang ada di supermarket. Jangan merasa malu, karena ini juga bagian dari hidup sehat anda.


SIANG HARI JAM 12.00-13.00
Disinilah kesempatan anda untuk menikmati makanan berat. Tetapi perlu diingat jangan melbih-lebihkan makanan hanya karena anda tidak makan pada pagi hari. Jangan mendoble2 kandungan makanan, contohnya : jika anda memilih nasi sebagai karbohidrat, hindarilah jagung, kentang, ketela sebagai lauk pauk anda, jika anda memilih telor sebagai sumber protein, hindarilah ayam, ikan, daging sebagai pendamping lauk pauk anda. HINDARILAH MAKANAN YANG DIGORENG karena akan menambah lemak pada tubuh anda.


SORE HARI JAM 17.00-18.00
Setelah anda pulang kantor, pastilah perut ini sangat lapar dan tubuh memerlukan asupan gizi. Makanlah seporsi salad tanpa karbohidrat, rujak buah tanpa lontong, atau seporsi kacang hijau tanpa santan. Ini untuk mengantisipasi jika anda kelaparan pada saat malam hari.


MALAM HARI  JAM 18.00
STOP SEMUA MAKANAN, jika anda masih merasa lapar banyaklah mekonsumsi air putih, dan jika anda terbiasa mengecap makanlah sedikit buah-buahan yang masam, hindarilah buah-buahan yang manis.

Daftar Makanan Pembakar Lemak

 Selain harus melakukan diet super ketat, makanan bermetabolisme juga dapat membakar lemak lebih cepat. Sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori merupakan faktor utama yang mempengaruhi berat badan. Semakin tinggi metabolisme, semakin cepat makanan dicerna dan menghasilkan lebih banyak kalori yang terbakar dan tidak menjadi tumpukan lemak.

Metabolisme adalah proses tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dimakan menjadi energi. Selama proses biokimia yang kompleks, kalori dalam makanan dan minuman yang dikombinasikan dengan oksigen akan melepaskan energi yang dibutuhkan untuk memelihara fungsi-fungsi tubuh. Berikut daftar makanan pembakar lemak:

Telur

Semua makanan protein membantu meningkatkan tingkat metabolisme. Telur adalah makanan berprotein terbaik yang membantu meningkatkan metabolisme. Namun, perlu dicatat bahwa kuning telur tinggi lemak sehingga cukup makan putih telurnya saja. Albumin dalam putih telur membantu membangun massa tubuh tanpa lemak juga membantu membakar lemak.

Teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan antioksi yang kuat, membantu melindungi tubuh terhadap jantung, stroke dan kanker. Sebuah studi yang dilakukan di University of Jenewa menemukan bahwa teh hijau mengandung catechin polyphenol, yang bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 4 %.

Kafein

“Segelas minuman berkafein seperti teh atau kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal sekitar 5 -10 % selama dua jam,” kata Dr Nicola Lowe, gizi dosen senior di University of Central Lancashire. Menurutnya, kafein sebagai stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas saraf dan membuat gerakan tubuh yang lebih aktif. Kafein juga mengubah pemakaian bahan bakar, sehingga tubuh membakar lebih banyak lemak untuk energi, bukan glukosa.

Almond

Almond mengandung asam lemak esensial dan serat. Tidak hanya meningkatkan metabolisme tetapi juga memuaskan nafsu makan dan memotong keinginan untuk makan berlebih, sehingga baik membantu penurunan berat badan.

Yogurt

Yogurt dibentuk dengan kultur probiotik, yang sehat bagi bakteri dalam usus. Hal ini tidak hanya membantu pencernaan lebih baik, tetapi juga mempercepat metabolisme tubuh. Yoghurt dibentuk dari susu rendah lemak dan protein susu berkualitas sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Lemon

Lemon tinggi kandungan vitamin Cnya, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Lemon pembersih kuat untuk hati. Hati bertanggung jawab untuk memproses lemak dan mendukung sistem pencernaan yang baik untuk meningkatkan aktivitas metabolik.

Air dingin

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Jerman menyatakan bahwa, minum air dingin bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 24 % dalam waktu 90 menit.

Bayam

Bayam kaya akan zat besi, kalium dan magnesium. Bayam juga memiliki sifat antioksidan yang baik. Tidak hanya membantu dalam menghilangkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, tetapi juga membantu memperbaiki jaringan otot yang rusak. Bayam kaya akan serat dan juga bisa meningkatkan metabolisme dan membantu dalam proses penurunan berat badan.

Tepung whole wheat

Tepung whole wheat utuh adalah sumber sempurna untuk karbohidrat kompleks dan serat. Dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme yang baik untuk penurunan berat badan.

Penyebab Diet Gagal

Ketika kita sudah mati-matian buat diet…

Ketika kita udah mati-matian buat olahraga teratur 3x seminggu…

But NOT SUCCESS

Sepertinya ada yang salah dengan diet anda, simak opini berikut

1. Mengurangi jumlah makan, bukan porsi makan.
Hal ini seringkali dilakukan oleh para pelaku diet, dengan melewati salah satu jam makan seperti sarapan atau makan malam. Padahal sarapan penting sebagai energi utama untuk melakukan aktifitas sepanjang hari dan menghindari konsumsi gula atau lemak berlebihan di saat lapar. Lagipula, makan secara teratur (3 kali sehari) akan meningkatkan metabolisme tubuh yang membantu mengurangi berat badan karena proses pembakaran lemak dan kalori lebih mudah. Hal ini berbanding terbalik saat tubuh dalam keadaan lapar, di mana metabolisme secara alami akan turun.

2. Diet yang membatasi untuk mengonsumsi satu kelompok makanan tertentu.
Diet yang menganjurkan untuk tidak makan karbohidrat atau lemak sama sekali, dan hanya mengonsumsi buah dan sayur saja tidak baik untuk kesehatan, karena kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tidak akan tercukupi, terutama untuk usia remaja. Tubuh masih membutuhkan asupan kalori dan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan. Pilih makanan yang rendah lemak daripada tidak makan lemak sama sekali.

3. Konsumsi kalori terlalu rendah.
Untuk perempuan, tubuh memerlukan sekitar 2000 kalori setiap harinya, sedangkan laki-laki membutuhkan sekitar 2500 kalori. Apabila kalori yang masuk dibatasi hingga sekitar 1000 kalori atau bahkan kurang, justru akan menyebabkan rendahnya metabolisme tubuh dan mengalami anemia.


4. Tidak olah raga.
Padahal olah raga dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang membantu proses pembakaran lemak dan kalori, sehingga berat badan pun akan lebih cepat turun.

5. Konsumsi salad.
Mengonsumsi salad memang baik, namun patut diingat bahwa mayonaise yang menyertai salad juga mengandung lemak yang cukup tinggi.

6. Tidak minum susu.
Mengonsumsi susu setiap hari tetap dibutuhkan, terutama susu rendah lemak berkalsium tinggi karena dapat menguatkan tulang dan melengkapi nutrisi tubuh.

7. Berat badan turun drastis.
Sebaiknya berat badan yang turun tidak lebih dari 1-2 kilogram dalam seminggu karena dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang lain, seperti hati dan ginjal, yang dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk menggantikan cadangan glukosa dalam darah. Hal ini pun dapat mengganggu kesehatan Anda.(kaskus)
Nah, bukan berarti anda diet sehari langsung turun sekilo kan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar