Tips Merawat Perkawinan

Banyak pasangan suami istri bercerai berawal dari hal yang sepele. Minimnya pengenalan satu sama lain, rendahnya skil atau ketrampilan perkawinan dan buruknya pohon keluarga. Tidak sedikit pula disebabkan kurangnya upaya merawat perkawinan.
Tidak ada perkawinan yang benar-benar kebal dari perceraian. Pilihan di tangan kita, mau membangun atau rela perkawinan itu dihancurkan pelbagai konflik. Perkawinan tidak akan menjadi baik begitu saja tanpa di rawat. Tidak akan baik dengan sendirinya jika anda mendiamkan masalah yang terjadi. Tidak! Sedikitnya pelajari beberapa ketrampilan berikut untuk membantu terbentuknya perkawinan yang selamat dari perceraian.

Pertama, berilah sesering mungkin apresiasi dan pujian kepada pasangan. Penghargaan yang memberikan dorongan semangat kepada pasangan anda. Lakukan setiap hari. Nampaknya ini sederhana, namun banyak pasangan yang tidak terbiasa melakukannya. Sumber konflik utama dalam konflik suami dan istri adalah perasaan tidak dihargai. Hal ini bisa dipelajari dan direncanakan dengan baik. Jika Anda menghargai pasangan, percayalah Andapun akan mendapatkannya.

Kedua, berkomunikasilah secara terbuka dan jujur. Terbuka membagikan apa yang anda pikirkan dan rasakan. Jikalau pasangan Anda yang berbicara usahakan mendengarkan dengan baik. Usahakan selalu ada waktu untuk saling berbagi/sharing. Rencanakanlah.

Ketiga, hadapilah konflik jangan hindari. Konflik bisa membuat pernikahan kita lebih dinamis dan bertumbuh. Asal ada kemauan mengelola dan merespon konflik dengan cara-cara yang benar. Sediakan waktu untuk menghadapi dan mengelola konflik.

Keempat, beranilah menjadi orang yang tidak sempurna. Wujudnya berani meminta maaf. Pengampunan dapat menghadirkan harmonisasi hubungan yang lebih besar. Jika meminta maaf cukup katakan: “saya minta maaf!” Jangan tambahkan alasan-alasan yang sifatnya membela diri. Tidak perlu membuktikan sesuatu. Percayalah, kesalahan merupakan bagian normal dari suatu perkawinan. Bahkan ini bisa menjadi pintu menuju perkawinan yang memuaskan.

Kelima, berikan dukungan penuh kepada pasangan Anda. Terutama saat saat ia membutuhkan. Misal saat sakit, atau keluarga besarnya membutuhkan bantuan. Berikanlah saat pasanganmu sedang menjengkelkan engkau. Cinta tidak bersyarat akan menyuburkan pohon kebahagiaan dalam rumah tangga kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar