Sombong, Dengki dan Ambisi

Sombong, dengki dan ambisi, sangat berpengaruh dalam kehidupan. Ada lelaki pendiam yang baik hati telah membunuh seorang karena dendam yang bertumpuk-tumpuk. Kaum Quraisy menganiaya nabi SAW dan para sahabatnya dalam waktu lebih dari sepuluh tahun. Puncaknya tokoh-tokoh mereka bermusyawarah di gedung yang diberi nama Darunnadwah. Dalam musyawarah itu mereka memutuskan: Muhammad SAW harus dibunuh, atau diusir dari Makkah atau ditahan hingga meninggal dunia, karena mereka terlalu benci dengan agama yang didakwahkan, dan terlalu cinta dengan agama mereka yang menyembah berhala.
Maka orang hebat adalah yang bisa mengendalikan sombong, dengki dan ambisi. Dan orang jahat adalah yang tidak bisa mengendalikan sombong, dengki dan ambisi.
Dalam kitab besar bernama Kanzul-Ummal (كنز العمال - (ج 3 / ص 525) dijelaskan:
إِياَّكُمْ وَالْكِبْرَ ، فَاِنَّ اِبْلِيْسَ حَمَلَهُ الْكِبْرُ عَلَى أَنْ لاَ يَسْجُدَ لِآدَمَ ، وَإِياَّكُمْ وَالْحِرْصَ فَاِنَّ آدَمَ حَمَلَهُ الْحِرْصُ عَلَى أَنْ أَكَلَ مِنَ الشَّجَرَةِ وَإِياَّكُمْ وَالْحَسَدَ ، فَاِنَّ ابْنَيْ آدَمَ إِنَّماَ قَتَلَ أَحَدُهُماَ صاَحِبَهُ حَسَداً ، فَهُنَّ أَصْلُ كُلِّ خَطِيْئَةٍ. (ابن عساكر عن ابن مسعود).
Artinya:
Jauhilah kesombongan! Karena kesombongan telah mendorong Iblis untuk tidak mau bersujud pada adam AS. Jauhilah ambisi! Karena ambisilah yang telah mendorong Adam untuk makan buah syajarah. Dan jauhilah dengki! Karena sungguh anak Adam telah membunuh pada sahabatnya (yakni saudaranya) karena dengki. Maka sungguh tiga itu sumber segala kesalahan. [HR Ibnu Asakir dari Ibnu Masud).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar